Tempat tidur harus aman dan nyaman

Perlengkapan tempat tidur bayi harus aman dan nyaman adalah syarat yang sangat penting. Syarat aman adalah karena kemungkinan bayi dapat bergerak atau berguling sehingga diperlukan pagar pembatas sebagai pengaman. Untuk kenyamanan juga sangat penting karena biasanya bayi akan rewel jika tidak merasa nyaman, untuk itu perlu diperlengkapi dengan kasur dan juga kelambu agar aman dari gigitan nyamuk.

Kelembutan tempat tidur menjadi syarat penting dan biasanya yang dijual dipasaran menawarkan berbagai model. Masalah kelembutan sangat penting apabila kalau bayi tidur telungkup artinya yang dipilih harus tidak terlalu lembut dan juga tidak terlalu keras. Jika terlalu keras jelas bayi tidak akan merasa nyaman dan jika terlalu lembut bisa menjadi resiko sukar bernafas bagi bayi anda. Kekerasan dari kasur tidur anda dapat uji dengan menekan dengan tangan pada kasur tersebut.

Ukuran harus diperhatikan juga dengan keadaan bayi anda, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu besar yang akan memakan ruang. Perhatikan juga bagian-bagian dari tempat tidur yang dapat membuat bayi cedera. Pastikan semua bagian dari tempat tidur haruslah halus. Pastikan dimensi yang anda pilih yang akan menempati ruang pada rumah anda.

Untuk pemilihan sprei dan selimut adalah harus sesuai untuk menutupi kasur. Mungkin diperlukan juga semacam perlak dari plastik untuk menutupi kasur karena kemungkinan bayi sering buang air kecil walau bayi juga diperlengkapi dengan pampers pada badannya, kemudian dilapisi dengan sprei sehingga lebih mudah untuk mencucinya. Sesuaikan bahan dari sprei yang tidak mudah menimbulkan alergi pada bayi begitu juga dengan selimut.

Bahan dari tempat tidur juga bermacam-macam ada yang terbuat dari kayu atau bahan yang mahal dari jati jepara atau dari bahan stailess steel dan bahan yang terbuat dari rotan. Dipasaran saat ini juga paling banyak terbuat dari plastik dengan harga yang murah serta portabel. Ada juga dilengkapi dengan roda sehingga mudah untuk dipindahkan tetapi umumnya bersifat fix atau tetap.
Perkembangan desain dari tempat tidur terus berkembang untuk menarik minat para pembeli dengan memberi kenyamanan yang lebih. Ada juga tempat tidur dengan diperlengkapi ayunan dan getar atau goyangan yang dapat diatur yang di atur dengan elektrik.

Jika anda pergi ke toko perlengkapan bayi maka anda akan ditawarkan bermacam-macam model dan koleksi yang bagus dari berbagai merk seperti  Baby Belle, Pliko, Olympic, Cocolatte, Crater, Graco, Hello kitty, Lovely baby dan berbagai merk lainnya ada yang portabel atau bisa dibawa-bawa dan juga bisa dilipat dan desain yang lucu, menarik dengan berbagai model terbaru.
Selain itu juga aneka aksesoris seperti bumper akan melengkapi tempat tidur tersebut.
Untuk kota-kota seperti Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya dengan mudah anda akan jumpai model-model yang disebutkan diatas dengan harga masing-masing bervariasi sesuai dengan ukuran dan kualitas masing-masing.

Tempat tidur seperti itu memang relatif cukup mahal sehingga para orang tua ada juga yang menyewa atau rental karena pemakaian ranjang bayi tersebut cukup singkat pemakaiannya. Ada juga yang membeli yang bekas atau seken karena yang menjual yang bekas juga sangat banyak apalagi di kota-kota besar.
Untuk tempat tidur ada juga orang tua yang ingin berkreasi dengan membuat sendiri. Yang terpenting tahu cara membuat atau cara pasang karena bahan yang diperlukan relatif sedikit dan jauh menghemat biaya jika membeli diperlengkapan bayi.

Apapapun pilihan yang anda jatuhkan, pastikan keamanan dan kenyamanan untuk bayi anda serta jika bayi diletakkan di tempat tidur setiap saat anda dapat kontrol serta dengan mudah anda menjaungkaunya.
Anda juga perlu tahu bahwa bayi di tempat tidur hanya waktu tidur. Anda juga perlu menggendongnya. Bayi pasti akan merasa lebih aman jika bersama orang tuanya.

1 comment:

  1. Terima kasih atas informasinya, dulu pengalaman sepupu yang masih bayi dia nggak mau tidur kalau di kasur karena kebiasaan tidur di ayunan yang dari selendang digantung. Itu bagaimana mengatasi biar jika tidak membawa ayunan selendang tersebut bayi dapat tidur di kasur?

    ReplyDelete