Baru lahir dan apa saja yang wajib dibeli

Pertanyaan yang sering muncul adalah perlengkapan bayi baru lahir dan apa saja yang wajib dibeli atau harus ada oleh ibu-ibu yang baru punya bayi atau pertama-kali melahirkan. Jika melahirkan yang kedua dan seterusnya mereka akan sudah punya pengalaman serta bisa mempersiapkan lebih matang untuk menyambut kelahihan anak mereka. Masalah lain adalah bukan hanya untuk si bayi tetapi juga perlengkapan untuk ibunya.
Walau baru mempunyai bayi yang pertama kali seharusnya mereka sudah tahu apa-apa saja yang harus ada ketika setelah melahirkan dan pulang ke rumah setelah persalinan.

Untuk yang pertama kali melahirkan mungkin mereka dihadapkan begitu banyak pilihan dari seluruh pilihan yang ada. Persiapan yang lebih matang adalah persiapan dimulai dari keperluan apa saja yang dibawa ke rumah sakit sebelum melahirkan. Mungkin awalnya sudah disediakan di rumah sakit untuk standard yang ada di rumah sakit tetapi persiapan lain juga harus disediakan, apalagi jika mereka melahirkan pada bidan-bidan yang ada di daerah persiapan mereka tentu juga lebih minim lagi.

Bayi yang baru lahir sangat lemah, jadi keselamatan adalah prioritas utama. Setelah membawa pulang dari rumah sakit atau rumah persalinan mungkin anda perlu beberapa panduan, dalam hal ini suami akan turut serta menyiapkan peralatan yang disediakan yang wajib ada, agar anda tidak kelabakan ketika sampai di rumah.
Kasur untuk tidur si kecil, biasanya dilengkapi dengan kasur busa yang empuk yang khusus dibuat untuk bayi. Umumnya bahan yang digunakan adalah tahan air. Selain tahan air bahan ini juga sangat ringan sehingga sangat mudah dipindah-pindah. Kualitas bahan seharusnya menjadi perhatian anda dan tidak menggunakan bahan-bahan kimia, karena begitu banyak jenis kasur bayi yang dapat anda jumpai dipasaran.

Bantal menyusui adalah salah satu itm yang harus ada ketika ibu menyusui anaknya terutama buat kenyamanan si bayi. Bantal yang nyaman akan membantu kekuatan fisik si anak dan biasanya akan lebih sering  digunakan umumnya hampir setiap hari ketika si ibu menyusui. Nah sedangkan untuk si ibu juga diperlukan bra untuk menyusui yang produknya khusus di desain untuk itu.
Mungkin anda juga memerlukan dot untuk menyusui dan disarankan menggunakan ASI dengan langsung. Dot mungkin lebih diperlukan jika bayi menangis.

Tempat tidur khusus untuk bayi memang ada yang khusus dengan peralatan yang lebih lengkap seperti tempat tidur, bantal dan lain-lain, tetapi bagi bayi yang baru lahir pasti menghabiskan waktu bersama dekapan ibunya. Untuk bayi yang baru lahir pasti membutuhkan menyusui lebih banyak sehingga sang bayi haruslah dekat dengan jangkauan.

Perlengkapan mandi juga harus ada biasanya sudah ada dalam bentuk bak mandi kecil yang khusus untuk bayi. Beberapa peralatan seperti handuk, bedak, sabun beserta harus melengkapinya.
Baju khusus untuk bayi beserta kaos kaki, celana, topi dan sebagainya adalah harus ada ketika bayi masih berumur beberapa minggu sekalipun.

Ini adalah contoh-contoh sederhana yang harus anda beli. Sebailnya membuat checklist dengan mempersiapkan berbagai macam-macam perlengkapan serta kebutuhan yang akan anda beli.
Toko-toko 'baby shop' yang khusus menjual segala perlengkapan bayi untuk kota-kota besar seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Solo, Bandung, Semarang, Cirebon dan kota-kota besar lainnya dengan mudah anda temui sehingga lebih leluasa untuk cari dengan aneka perlengkapan yang anda butuhkan.

Jika belanja dalam jumlah yang banyak seperti itu pasti lebih menyenagkan ke grosir dari pada eceran untuk mendapatkan harga yang termurah karena jika dilihat daftar belanja yang akan anda buat cukup menguras budget tergantung berapa dan jumlah yang anda pilih untuk dibeli.
Informasi dapat anda peroleh secara online sebelum belanja untuk barang-barang bermerk dan yang terbaru yang akan anda pilih. Berbagai produk terbaru juga akan bisa anda lihat serta foto dan harganya seperti  desain Hello Kitty yang sangat terkenal itu.
Setiap keluarga pasti mempunyai keunikan tersendiri untuk keperluan bayi mereka. Semua produk pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hal yang terpenting adalah perencanaan yang baik untuk menyambut buah hati anda.

1 comment:

  1. perlengkapan bayi yg wajib banget dimiliki yg lain tuh popok sekali pakai, yaitu merries

    ReplyDelete